Selasa, 16 April 2024
Sosialisasi

BIRO SDM POLDA KALSEL SOSIALISASI ASSESSMENT CENTER POLRI

AMUNTAI – Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalimantan Selatan melakukan sosialisasi PNBP Assessment Center POLRI kepada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Kegiatan sosialisasi yang di fasilitasi Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Polres HSU tersebut, digelar di Mess Negara Dipa, Selasa (28/2/2023).

Sosialisasi PNBP Assessment Center POLRI ini dihadiri oleh para Asisten Setda HSU, Inspektur, para Staff Ahli Bupati, Kabag Hukum serta para pejabat SKPD lainnya dilingkungan Pemkab HSU.

Asesor Polda Kalsel, AKBP Haris mengatakan sejak dibentuk tahun 2009 di tingkat pusat Mabes POLRI, Assessment Center POLRI ini merupakan satu badan yang bertugas untuk menyelenggarakan uji kompetensi.

Ia menjelaskan, meski fungsi dari uji kompetensi yang dilakukan oleh Assessment Center POLRI awalnya digunakan untuk keperluan internal. Namun seiring dengan perkembangannya dan permintaan lembaga eksternal, Assessment Center POLRI mulai dikenalkan kepada instansi-instansi lembaga lainnya.

“Assessment Center POLRI memiliki alat ukur yang reliabel dan objektif, yang sudah teruji selama 10 tahun terakhir dan ditunjang dengan tenaga assessor yang telah tersertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP),” Jelas Haris.

Oleh karenanya, Assessment Center POLRI menawarkan MoU dengan Pemerintah Kabupaten HSU untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kriteria dan syarat menduduki sebuah jabatan, melaksanakan identifikasi kader-kader potensial dalam menempati kedudukan tertentu, serta strategi dalam pengembangan kompetensi terhadap para pegawainya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati HSU melalui Pelaksana tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesra, Adi Lesmana menyampaikan apresiasinya dan menyambut baik kerjasama Assessment Center POLRI guna mendapatkan SDM yang tangguh dan berkualitas kedepannya.

“Kita berharap kedepannya dalam rangka mendapatkan kandidat pegawai atau pejabat dilingkungan pemkab HSU yang sesuai dengan kriteria,” Kata Adi.

Dikatakannya, bahwa Assessment ini penting dilakukan mengingat Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan faktor sentral penggerak roda pemerintahan.

Selain itu, kata Adi Assessment kompetensi ini juga sangat penting dilakukan, hal ini sesuai dengan peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 13 tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah.

“Instansi pemerintah perlu dan harus melakukan promosi jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan melaksanakannya sesuai dengan prinsip-prinsip profesionalisme, kompetensi, prestasi dan jenjang kepangkatan yang ditetapkan,” tutupnya. (Diskominfosandi/wahyu/aulia)

Loading

Leave a Response

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Diskominfosandi HSU
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!