Rabu, 21 Februari 2024
Olahraga

CANDI AGUNG, PENINGGALAN KERAJAAN HINDU DI AMUNTAI

 

Amuntai – Ketika Anda berkunjung ke Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), belum lengkap rasanya bila belum mengunjungi obyek wisata Candi Agung Amuntai yang berlokasi di Kelurahan Sungai Malang Kecamatan Amuntai Tengah, tidak jauh dari pusat kota Amuntai. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Negara Dipa yang keberadaannya diperkirakan sejaman dengan Kerajaan Majapahit.

Candi Agung Amuntai yang kini dikelola oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata HSU tersebut, dibangun oleh Empu Jatmika yang merupakan pendiri Kerajaan Negara Dipa pada abad XIV. Kerajaan inilah yang kemudian berkembang menjadi Kota Amuntai.

Di Candi Agung Amuntai yang didominasi kayu dan batu ini, ada berbagai situs yang memiliki daya tarik tersendiri karena bernilai historis, seperti museum, pertapaan Pangeran Suryanata, situs Candi Agung, tiang mahligai Putri Junjung Buih, Telaga Berdarah Empu Mandastana, dan Situs Tiang Penjagaan. Situs-situs tersebut hingga kini masih terpelihara dengan baik.

(Foto: Pertapaan Pangeran Suryanata)

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Pelihara Candi Agung Amuntai, Madi, saat ditemui Jum’at (29/9). Selaku Juru Pelihara, pihaknya juga akan terus berupaya untuk menjaga dan melestarikan situs-situs bersejarah yang ada di Candi Agung Amuntai, karena Candi ini merupakan obyek wisata yang memberikan tambahan pendapatan bagi daerah HSU.

“Candi Agung Amuntai tetap mempertahankan situs-situs asli peninggalan sejarah, agar masyarat yang hidup di masa kini dan yang akan datang bisa mengetahui tentang peninggalan-peninggalan sejarah di Kota Amuntai”, ujar Madi.

Jika Anda mengunjungi Candi Agung Amuntai, jangan heran bila tidak menemukan kemegahan seperti candi-candi lain seperti yang ada di pulau Jawa. Namun dibalik kesederhanaanya itu, tersimpan nilai-nilai sejarah yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. (Diskominfo/mahdi)

Loading

Leave a Response

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Diskominfosandi HSU
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!