Minggu, 29 Januari 2023
Pemerintahan

DISKOMINFOSANDI HSU MULAI TERAPKAN APLIKASI SRIKANDI 2023

AMUNTAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mulai mempersiapkan penerapan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) sebagai aplikasi umum yang digunakan instansi pusat maupun daerah dalam pengelolaan kearsipan dinamis teintegrasi.

Kepala Bidang E-Goverment dan Infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi, Diskominfosandi HSU Muzain mengatakan, Srikandi merupakan aplikasi yang diluncurkan Kemanpan-RB bersama Kemenkominfo, BSSN dan ANRI.

“Jadi aplikasi ini nantinya akan teintegrasi keseluruh indonesia dan wajib digunakan oleh seluruh instansi, dan di HSU diharapkan tahun ini (2023) sudah bisa kita terapkan, serta semoga ini juga dapat meningkatkan teknis SPBE menjadi lebih baik,” imbuhnya, Kamis (19/1/2023).

Dengan diterapkan aplikasi Srikandi serta sistem aplikasi pendukung yang lainnya, ia lantas berharap mampu meningkatkan pelayanan pemerintahan maupun pelayanan publik.

“Sistem aplikasi Srikandi ini sudah dilengkapi dengan tanda tangan digital yang semoga ini dapat mempermudah kita dimanapun berada dapat melakukan tanda tangan dalam hal surat menyurat, begitu pula dengan kerasipan yang kerahasiaan serta dijamin keutuhannya,” tuturnya.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan HSU Karyanadi menyampaikan, sejak diluncurkannya aplikasi Srikandi oleh pemerintah, pihaknya terus berupaya untuk menerapkan aplikasi tersebut pada Pemerintah Kabupaten HSU.

“Karena ini adalah amanah Undang-Undang, dan di HSU telah dikeluarkan instruksi Bupati tentang pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), kami juga sebelumnya memulainya dengan melatih lima SKPD sebagai pilot project yang secara khusus mendalami ini di Arsip Nasional RI untuk bersama belajar dalam menjalankan aplikasi ini,” ujarnya.

Guna mensukseskan program tersebut, ia menyebut pihaknya menjalin kerjasama dengan Diskominfosandi HSU, yang dimana sebagian dari SKPD telah melakukan pendatangan secara elektronik sebagai persiapan pengaplikasian SRIKANDI.

“Melalui pelatihan ini paling tidak struktur organisasi SKPD sudah ada di usernya masing-masing, dan karena keterbatasan anggaran SKPD ditahun 2023 khususnya kami dengan Diskominfosandi, nantinya kita akan jemput bola ke SKPD untuk menyelesaikan pembuatan SRIKANDI ini,” pungkasnya. (Diskominfosandi/putra/febri)

 51 Total Views

Leave a Response

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Diskominfosandi HSU
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: