Rabu, 21 Februari 2024
Umum

KPU HSU MULAI DISTRIBUSI LOGISTIK PEMILU 2024

AMUNTAI – Mulai hari Kamis (8/2/2024), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) secara perdana mendistribusikan logistik Pemilu 2024 secara bertahap ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 10 Kecamatan keseluruh wilayah Kabupaten HSU.

Hari pertama pendistribusian kotak dan surat suara di tunjukkan untuk 94 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 33 Desa di Kecamatan Sungai Pandan dan 101 TPS dari 30 Desa di Kecamatan Amuntai Selatan.

Ketua KPU HSU, Ihsan Rahmani menuturkan, hari ini secara resmi KPU mendistribusikan logistik Pemilu Khususnya kotak suara ke Kecamatan Sungai Pandan dan Kecamatan Amuntai Selatan dibawah pengawalan anggota Polres HSU dan Bawaslu setempat.

” Untuk Sungai Pandan itu total 470 kotak suara, karena satu TPS itu ada lima kotak suara yang didistribusikan untuk hari H, sedangkan untuk Amuntai Selatan itu ada 505 kotak suara, nah kalau untuk bilik suara per TPS itu membutuhkan empat bilik suara tinggal dikalikan total TPS yang ada,” ungkapnya disela kegiatan Gudang logistik Pemilu Jl H Saberan Affandi Amuntai.

Ihsan menyebut, alasan dipilihnya Kecamatan Sungai Pandan dan Kecamatan Amuntai Selatan untuk pendistribusian dihari pertama, hal itu dikarenakan dua wilayah tersebut mempunyai total TPS yang tergolong terbanyak ke-2 setelah Kecamatan Amuntai Tengah.

Lebih lanjut, setelah melalui proses penyortiran, ia berharap kotak dan surat suara yang didistribusikan tersebut dapat sesuai, aman serta tidak mengalami kendala atau kerusakan.

Dia juga menghimbau kepada petugas KPPS nantinya agar dapat mencek kembali kelengkapan kotak, surat suara dan bilik suara yang diterima di TPS masing-masing sebelum hari H Pemilu.

Diketahui, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan stakeholder terkait sebelumnya, KPU Kabupaten HSU menjadwalkan pendistribusian logistik pemilu di mulai dari tanggal 8 februari 2024 ke Kecamatan Sungai Pandan dan Amuntai Selatan.

Tanggal 9 februari 2024 didistribusikan ke Kecamatan Banjang Amuntai Utara dan Kecamatan Haur Gading.

Pada tanggal 10 februari 2024 akan didistribusikan ke Kecamatan Sungai Tabukan dan Kecamatan Babirik.

Kemudian pada tanggal 11 februari kembali logistik didistribusikan ke Kecamatan Danau Panggang dan Paminggir.

Sedangkan untuk Kecamatan Amuntai Tengah logistik akan didistribusikan pada tanggal 12 Februari 2024 untuk selanjutnya disimpan dan didistribusikan sesuai dengan SOP yang telah disepakati.(Diskominfosandi/wahyu)

Loading

Diskominfosandi HSU
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!