Rabu, 21 Februari 2024
Kependudukan

DPPKB HSU : AUDIT KASUS STUNTING WUJUDKAN SDM YANG SEHAT

AMUNTAI – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menyatakan audit kasus stunting dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang sehat, cerdas dan produktif serta pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan

“Percepatan penurunan stunting dilaksanakan secara holostik, integrative, dan berkualitas melalui koordinasi, sinergi dan sinkronisasi di instansi terkait antara lembaga pemerintah sampai ke desa dan pemangku kepentingan, dalam upaya mendukung program percepatan penurunan stunting melalui peningkatan akses dan kualitas SDM,” kata Kepala Bidang KB dan Advokasi DPPKB HSU, Taberani.

Dalam audit kasus stunting 2023 yang digelar di Aula DPPKB HSU, Kamis (5/1/2023), kegiatan audit kasus stunting ini agar angka kasus anak stunting di Kabupaten HSU kian menurun.

“Untuk meningkatkan kualitas SDM yakni dengan meningkatkan kualitas kesehatan dan gizi serta pengasuhan anak yang cukup,” katanya.

Ia berharap, dengan terlibatnya dari seluruh pihak terkait dapat memberikan bantuan baik fisik maupun non fisik sehingga kasus stunting dapat di cegah dengan baik.

Sementara, Koordinator Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, BKKBN Kalsel, Mahendra Prakosa mengatakan, pihaknya terus melakukan percepatan penurunan stunting di daerah.

Ada lima strategi dalam penurunan stunting yaitu, pertama peningkatan komitmen bersama antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota dan pemerintah desa, kedua peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat, ketiga konvergensi intervensi dan intervensi sensitive, keempat peningkatan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat dan kelima penguatan dan pengambangan sistem, data, informasi, riset serta inovasi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten HSU yang telah melaksanakan kegiatan audit kasus stunting ini, semoga dalam pelaksanaan kegiatan diseminasi ini dan pembuatan laporan dapat berjalan dengan baik dan lancar dalam hal percepatan penurunan stunting,” pungkasnya. (Diskominfosandi/Ikhsan/Rizki)

Loading

Leave a Response

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Diskominfosandi HSU
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!