Rabu, 21 Februari 2024
Umum

CEK KESIAPAN, KODIM 1001/HSU-BLG IKUTI GELAR PASUKAN PENGAMANAN SECARA VIRTUAL

AMUNTAI – Sebagai kesiapan dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024, Kodim 1001 HSU-BLG ikuti Apel Gelar Pasukan secara virtual di halaman Makodim, Kamis (1/2/2024).

Kegiatan Apel Gelar Pasukan secara virtual ini diikuti seluruh Jajaran Kodam VI/Mulawarman yang dipimpin langsung Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Dalam amanatnya Mayjen TNI Tni Budi Utomo mengatakan, pihaknya bakal menerjunkan kurang lebih enam ribu personel untuk membantu pengamanan pemilihan umum (Pemilu) 2024. Selain itu sejumlah Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) juga disiapkan.

“Perosonel yang sudah kita laporkan kepada pimpinan ada enam ribu, untuk membantu pengamanan Pemilu 2024 meliputi wilayah Kalsel, Kaltim dan Kaltara. Kita juga siapkan Alutsista,” kata Pangdam.

Pangdam mengatakan, gelar pasukan untuk memastikan kesiapan TNI dalam membantu kepolisian pengamanan pemilu 2024 yang dilaksanakan secara serentak 14 Februari nanti.

Adapun Alutsista, selain untuk mendukung pengamanan juga membantu proses distribusi logistik pemilu ke lokasi-lokasi yang sulit dijangkau.

“Ada kendaraan anoa, komodo, truk, motor hingga ambulans untuk mendukung pelaksanaan pemilu,” ungkap Pangdam.

Sementara itu, disisi lain, Dandim 1001 HSU-BLG Letkon Inf, Dhuwi Hendradjaja mengatakan, bahwa dalam persiapan menjelang hari pencoblosan 14 Februari, ada 6 Koramil di Kabupaten HSU dan 6 Koramil di Kabupaten Balangan yang siap melibatkan pasukan penanggulangan huru-hara di wilayahnya.

“Khusus Kodim 1001 HSU – BLG, kita menggerakkan personel sebanyak 235 orang, dimana personel ini akan kami sebar di seluruh Koramil”, ujarnya.

Adapun alat pendukung pengamanan Pemilu disiapan guna menciptakan pemilihan yang kondusif dan aman.

“Kami siap membantu pengamanan Pemilu 2024 dengan tidak lepas dari UUD yang akan dilaksanakan tentunya juga kami membutuhkan bantuan dari Pemerintah Daerah dan Polri sehingga menjadi Pemilu yang aman, kondusif dan damai,” pungkasnya. (Diskominfosandi/rizki h/febri)

Loading

Diskominfosandi HSU
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!