Selasa, 16 April 2024
Sosial

BAZNAS HSU SALURKAN ZIS RP 214 JUTA BUAT PENERIMA HAK

AMUNTAI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kembali menyalurkan bantuan sosial dalam bentuk beasiswa, tambahan modal UMKM, usaha bakulan dan perlengkapan rumah ibadah sebesar Rp 214.676 juta

Ketua Baznas HSU, Zainal Abidin mengatakan dana Baznas yang telah disalurkan bersumber dari bantuan zakat infak dan sedekah (ZIS) dari aparatur sipil negera Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD dan masyarakat.

Baznas Kabupaten HSU menyalurkan dana zakat kepada pelaku usaha kecil dan UMKM sebanyak 60 orang senilai total Rp 154.750 juta, beasiswa dari tingkat SLTA hingga perguruan tinggi sebanyak 92 orang dengan nilai total Rp 22.900 juta dan bantuan perlengkapan ibadah sebanyak 10 lembaga nilai dengan nilai total Rp 34.776 juta.

Selain itu, Baznas Kabupaten HSU juga memberikan bantuan pemasangan instalasi listrik sebesar Rp 2.250 juta kepada satu kepala keluarga.

“Dana yang kami peroleh ini dari dana zakat. Dana zakat dihimpun dalam rangka penerimaan zakat berasar dari perorangan, BUMD/BUMN,” ucap Zainal Abidin, Selasa (28/2/2023).

Zainal menyebut, Baznas menggunakan dana zakat, infak, dan sedekah untuk membantu perbaikan rumah warga serta memberikan beasiswa pendidikan, bantuan bagi korban bencana alam, bantuan kesehatan, dan dakwah.

Baznas HSU menargetkan pengumpulan dana zakat mencapai Rp 1,8 miliar pada tahun 2023.

“Terhitung mulai bulan Januari dana hasil kumpulan di transfer melalui rekening Bank Kalsel, tidak lagi melalui bendahara Baznas,” jelasnya.

Disisi lain, Zainal juga menjelaskan Baznas HSU mempunyai beberapa program yaitu, “Program HSU Taqwa” di bidang keagamaan, “Program HSU Makmur” di bidang ekonomi, “Program HSU Cerdas” di bidang pendidikan, “Program HSU Sehat” di bidang kesehatan dan “Program HSU Peduli” di bidang kemanusiaan. (Diskominfosandi/ricky/ikhsan)

Loading

Leave a Response

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Diskominfosandi HSU
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!