Rabu, 21 Februari 2024
Ekonomi

KUNJUNGI STAND HSU DI PAMERAN KRIYANUSA 2023, IBU NEGARA IRIANA PESAN PASARKAN HASIL PRODUK SECARA ONLINE

AMUNTAI – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Hulu Sungai Utara (HSU) menghadirkan berbagai produk kerajinan di ajang Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) 2023 yang dihelat di JCC Senayan Jakarta dari 13 – 17 September 2023.

Pameran yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bersama dengan Kementerian Kominfo, bertemakan “Kriya Unggul, Indonesia Maju” dibuka secara resmi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, Rabu (13/9/2023).

Sesaat setelah membuka pameran, Iriana Jokowi yang didampingi oleh beberapa isteri menteri melakukan kunjungan kebeberapa stan pameran, diantaranya stan Dekranasda Kabupaten HSU. Dan dalam kesempatan itu Ibu Negara Iriana sempat membeli hasil kerajinan eceng gondok berupa tikar.

Selain itu, Iriana sempat berpesan agar dalam hal pemasaran produk hendaknya juga dilakukan secara online, seperti yang diungkapkan Zainal Fuad, pengurus Dekranasda HSU.

“Tadi Ibu Negara Iriana meminta dalam hal pemasaran hendaknya dilakukan secara online,” ungkap Fuad.

Adapun dalam kesempatan ini Dekranasda HSU, Kata Fuad, menampilkan berbagai kerajinan berbahan dasar purun, eceng gondok, lupu (rotan merah) serta kain sasirangan khas Amuntai.

“Dalam kesempatan ini kami membawa anyaman purun dan lampit rotan serta kain sasirangan,” jelasnya.

Fuad mengatakan keikutan Dekranasda HSU dalam gelaran Kriyanusa 2023 ingin memperkenalkan produk khas HSU di tingkat nasional bahkan tingkat internasional dengan demikian produk khas HSU.

Pameran kerajinan terbesar yang dilaksanakan setiap tahun dan kali ke-6 ini diselenggarakan dengan tujuan melestarikan dan mengembangkan berbagai hasil produk kriya di Indonesia.

Pameran industri kreatif ini melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dekranas dari Sabang sampai Merauke.

Sebagai sebuah pameran kolaborasi, Kriyanusa juga melibatkan berbagai pihak, mulai dari Kementerian, BUMN, dan individu-individu terkait. Produk kriya yang ditampilkan dalam pameran Kriyanusa semuanya berbahan dasar lokal yang original dan otentik dari Indonesia. (Diskominfosandi/rahman)

Loading

Leave a Response

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Diskominfosandi HSU
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!