Minggu, 3 Juli 2022
Umum

KADISKOMINFOSANDI HSU SEBUT SKILL KOMUNIKAAI PENTING UNTUK PARA PENCARI KERJA

AMUNTAI – Pentingnya membekali diri dalam kemampuan berkomunikasi, menjadi salah satu faktor yang sangat penting saat mencari pekerjaan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana, dalam penyuluhan dan bimbingan bagi pencari kerja yang digelar Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Kabupaten HSU di SMK Shalatiyah Bitin Kecamatan Danau Panggang, Selasa (21/6/2022).

“Melalui kemampuan berkomunikasi ini nantinya, orang akan menilai tingkatan kualitas kita, terutama pada saat wawancara kerja.” jelas Adi Lesmana saat menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Ia menurutnya jaman sekarang dalam pencari pekerjaan persaingan sudah sangat ketat, lowongan sangat sedikit tetapi tenaga kerja yang ada itu sangat banyak.

“Untuk dapat pekerjaan yang diinginkan harus mempunyai kemampuan atau keterampilan penting yaitu kemampuan berkomunikasi, berpikir kreatif dan kritis, manajemen dan sosial.” tambahnya.

Mantan Kabag Humas Setda HSU ini menjelaskan kemampuan berkomunikasi merupakan interaksi untuk mengekspresikan pemikiran untuk mendapatkan pengertian orang lain.

Kemampuan berpikir kreatif dan kritis sangat diperlukan oleh perusahaan yang memerlukan adanya karyawann yang mempunyai sifat tersebut.

Selain itu, kemampuan manajemen juga sangat diperlukan, hal itu akan terlihat ketika cara mengelola secara tertata dengan baik, mulai membuat perencanaan, mengorganisasi dan mengendalikan manajemen.

“Ditambah dengan kemampuan bersosialisasi yang harus di kembangkan dalam satu kelompok kerja atau tim.” imbuhnya

Lebih jauh, Adi juga menyampaikannya beberapa tips mencari pekerjaan diantaranya pemilihan kerja sesuai dengan keahlian, perluas jaringan, cari lowongan pekerjaan online, pastikan data di CV sudah lengkap, sampai dengan membuat CV yang menarik dan pembuatan surat lamaran dengan benar.

“Adapun tips wawancara yakni berpakaian sopan dan rapi, tidak panik, perhatikan etika, jangan lupa untuk senyum, sikap tegas saat menjawab pertanyaan dan jangan pusingkan hasil yang di dapat.” tukasnya.

Disamping penyuluhan dan bimbingan bagi pencari kerja yang dihadiri para siswa dan alumni SMK Shalatiyah, kegiatan juga diisi dengan sosialisasi pembuatan AK-I (kartu kuning/kartu pencari kerja) dari DPMPTSP Naker Kabupaten HSU

Kepala DPMPTSP Naker HSU melalui pejabat fungsional pengantar kerja Mislena Marangkir, berharap kegiatan ini dapat membantu serta memudahkan siswa siswi dalam mencari kerja nantinya.

“Kami membawa tim dari Bidang Naker untuk memudahkan siswa – siswi dalam pembuatan kartu pencari kerja ini. kami memberikan kemudahan untuk bisa membuatnya AK-I di tempat sosialisasi ini.” tutupnya. (Diskominfosandi/wahyu/aulia)

 44 Total Views

Leave a Response

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: