Selasa, 16 April 2024
Kesehatan

DINKES HSU SOSIALISASI PELAPORAN GERMAS ONLINE “SILAPMAS ON”

AMUNTAI – Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus menggerakkan kinerja lintas sektor dalam upaya mempelopori Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Upaya tersebut, salah satunya dengan melakukan sosialisasi Sistem Pelaporan GERMAS Online atau ‘Silapmas On’ dengan lintas sektor dilingkungan pemerintah Kabupaten HSU, di aula I Dinkes HSU, Rabu (15/11/2023).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes HSU, M Yotawijaya, menyampaikan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka pelaporan evaluasi pelaksanaan program Germas oleh masing-masing SKPD dan instansi lintas sektor di Kabupaten HSU yang rutin dilakukan setiap tahun.

Oleh karena itu, untuk optimalisasi monitoring dan evaluasi pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Forum Germas) tersebut, dilakukan melalui Sistem Pelaporan Germas Online (Silapmas On).

Yota, berharap melalui penggunaan Silapmas On ini, semua laporan dan dokomentasi kegiatan-kegiatan program Germas di masing-masing sektor selama tahun 2023 dapat mempermudah pelaporannya.

Dikatakannya, bahwa kebijakan Germas yang telah diimplementasikan oleh Kabupaten HSU sesuai dengan instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017, yang mana pelaporan evaluasi pelaksanaan Germas sebelumnya dilakukan secara manual.

“Karenanya melalui kegiatan ini, kami memohon dukungan semua pihak untuk membantu isian pelaksanaan Germas di SKPD maupun di organisasi masing-masing (secara online),” imbuhnya.

Dijelaskannya, untuk cara mengisi melalui Sistem Pelaporan Germas Online, caranya cukup mudah yakni tinggal masuk ke alamat website dinkes.hsu.go.id.

Sekedar informasi, GERMAS sendiri merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Secara umum, Germas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berprilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan, tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan (Diskominfosandi/wahyu/ihsan)

Loading

Leave a Response

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Diskominfosandi HSU
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!