Selasa, 16 April 2024
Umum

BAWASLU HSU PASTIKAN PENGAWASAN SECARA MAKSIMAL

AMUNTAI – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Marfa’i, menginstruksikan seluruh jajarannya untuk melakukan pencegahan pelanggaran dan pengawasan yang maksimal terhadap tahapan pemilu.

Hal itu dikatakannya dihadapan seluruh jajaran Bawaslu HSU, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD), dalam Apel Siaga Pengawasan pada Masa Tenang, Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024, di Halaman Kantor Bupati HSU, Minggu (11/2/2024), yang turut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati HSU Zakly Asswan, Pejabat Pemkab HSU hingga unsur Forkopimda.

Selain itu, Ia mengingatkan kepada jajaran pengawas pemilu, untuk selalu memperluas intelegensi, ketelitian dan kepekaan dalam melakukan pengawasan setiap tahapan pemilu.

“Negara telah memberikan kepercayaan kepada kita untuk mengawasi setiap tahapan yang ada, terlebih lagi dimasa tenang dan pada pelaksanaan nantinya,” tuturnya.

Lebih lanjut Marfa’i menuturkan, adapun jumlah pengawas pemilu di HSU, diantaranya terdiri dari pengawas TPS berjumlah 768 orang, PKD berjumlah 219 pengawas, pengawas tingkat kecamatan sebanyak 3 komisioner dan jajaran staf, serta tingkat kabupaten sebanyak 3 komisioner dan jajaran staf.

“Kalau dijumlah secara keseluruhan ada 1097 pengawas, jumlah ini boleh dikatakan sedikit, tetapi semangat kami untuk mengawasi pemilu tidak akan pernah surut, karena kami yakin dan percaya negara telah memandatkan kepada kami, terlebih kami bertekad untuk menjadikan membuktikan cinta tanah air,” ungkapnya.

Sementara Pj Bupati HSU Zakly Asswan dalam sambutannya menyampaikan, bahwa apel siaga pengawasan pada masa tenang pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2024 merupakan representasi dari kesiapan atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara serta masyarakat untuk menjaga kondusifitas jelang pemungutan suara.

“Tentu kita menginginkan pemilu yang lancar, damai dan aman, semua agar dapat bergotong royong mensukseskan jalannya pemilu, sehingga menghasilkan pemilu yang berintegritas dan berkualitas, karena ini harkat dan martabat kita semua,” katanya.

Tidak lupa Zakly juga berpesan kepada seluruh pengawas untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa, memperkokoh kerja sama dan koordinasi dengan seluruh penyelenggara pemilu, unsur TNI/POLRI, KPPS, petugas keamanan TPS/Linmas, segenap komponen masyarakat, serta mempersiapkan mental hingga fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja.

“Kita jaga semua dari awal hingga akhir jalannya pemilu sebagai pesta demokrasi ini, sedangkan untuk pengawas juga jaga kesehatannya sehingga selalu fokus pada saat melakukan pengawasan hingga pemilu ditahun 2024 ini selesai,” pesannya. (Diskominfosandi/putra/jimmy)

Loading

Diskominfosandi HSU
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!