Kamis, 9 Mei 2024
Peternakan

2800 EKOR SAPI DI HSU DISUNTIK VAKSIN PMK

AMUNTAI – Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Hewan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menyatakan sebanyak 2.800 ekor sapi telah disuntik dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK), guna meningkatkan kekebalan tubuh ternak dari virus PMK tersebut.

“Saat ini tim sudah melaksanakan vaksinasi terhadap ternak kerbau dan sapi sejumlah total 2.800 ekor sapi,” jelas Wakil Ketua Tim Gugus Tugas PMK dr.I Gusti Putu Susila, Selasa (15/11/2022).

Langkah ini diambil berdasarkan dibentuk Surat Keputusan (SK) Bupati HSU Nomor 188.45/532 KUM/2022 terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua yang masing – masing dijabat oleh Kepala Dinas Pertanian HSU,dan Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet pada Dinas Pertanian HSU sebagai Wakil Ketua.

Gusti mengatakan, saat ini pihaknya telah melaksanakan sosialisasi secara langsung dengan melibatkan sebanyak 13 orang fasilitator dan kurang lebih 3900 responden yang tersuluh PMK.

“Nantinya tim akan menjalankan strategi penanganan PMK yang pertama menerapkan biosekuriti yang dilaksanakan terhadap kandang-kandang penampungan ternak. Lanjut kedua, melakukan pengobatan bagi ternak yang terpapar. Ketiga vaksinasi,” ucapnya

“Keempat, pemotongan hewan terpapar bersyarat serta yang kelima adalah pengujian PMK yang bersifat surveilan yang dilakukan oleh balai veteriner,” pungkasnya. (Diskominfosandi/rahman)

Loading

Leave a Response

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Diskominfosandi HSU
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!