Rabu, 21 Februari 2024
Umum

PANWASCAM AMUNTAI TENGAH GELAR BIMTEK PENGAWAS TPS PEMILU 2024

AMUNTAI – Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan Amuntai Tengah menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu 2024 di Gedung Serbaguna, Amuntai, Minggu (28/1/2024).

Kegiatan diikuti sebanyak 169 orang yang sebelumnya dinyatakan lolos seleksi hasil rekruitmen PTPS se Kecamatan Amuntai Tengah.

Komisioner Bawaslu HSU, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Khairuddin mengatakan keberadaan pengawas TPS sangat penting dalam penyelenggaraan Pemilu, sebab pengawas TPS merupakan ujung tombak Bawaslu yang berhadapan langsung dengan tantangan pengawasan di lapangan pada saat pencoblosan nanti.

Oleh karena itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu Kecamatan Amuntai Tengah atas inisiasi melaksanaakan Bimtek sekaligus simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu.

“Kepada PTPS yang mengikuti bimtek ini semoga dapat memahami tentang tugas dan wewenangnya, serta kewajiban dan haknya ketika berada di lokasi TPS,” ungkapnya.

Anggota KPU HSU, Emmy Najmiati, mengharapkan seluruh PTPS yang bertugas di lapangan dapat menjaga kesehatan agar dalam menjalankan tugasnya saat prlaksanaan Pemilu nantinya dapat lebih maksimal.

Dia mengharapkan PTPS bisa menjalin kerja sama dengan KPPS agar dapat pencegahan terjadinya kecurangan dalam Pemilu.

“Alhamdulillah tadi juga saya sampaikan materi tentang bagaimana pencegahan agar tidak terjadi PSU (Pemungutan Suara Ulang), maka dari itu kepada kawan-kawan PTPS yang bertugas dilapangan nantinya dapat mengetahui sedini mungkin kecurangan-kecurangan yang menyebabkan terjadinya PSU, dengan itu secepat mungkin harus dicegah agar PSU itu tidak terjadi,” tutup Emmy. (Diskominfosandi/nata/alpi)

Loading

Diskominfosandi HSU
Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!